Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Bagikan ke :

    Terlalu banyak fungsi pada smartphone tentu saja akan sebanding juga dengan pengurangan energi baterainya. Semakin sering memakai banyak fitur dan fasilitas di ponsel tentu daya baterai smartphone akan berkurang. Smartphone di zaman sekarang tidak bisa luput dari yang namanya layar sentuh (touch screen), pengguna smartphone selalu di manjakan dengan fasilitas multitasking pada ponsel seperti SMS, Telepon, Browsing, Chatting, Kamera, Musik dan Game. Namun, dari fitur-fitur tersebut membutuhkan energi baterai yang besar pula.

    Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone
    Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

    Berikut ini adalah cara alternatif dan pastinya mudah untuk menghemat baterai smartphone.

    1. Matikan WiFi (turn off wifi).
    Jangan biarkan WiFi dalam keadaan hidup karena sistem aplikasi tersebut akan terus mendeteksi keberadaan hostspot bila di aktifkan.

    2. Ubah Sinkronisasi
    Jika pengguna memakai aplikasi seperti dropbox, ubahlah pengaturan sync ke wifi. Karena, apa bila aplikasi ini melakukan sinkronisasi data melalui mobile data dapat menguras banyak energi baterai. Ada baiknya jika anda mematikan fitur tersebut apa bila tidak di gunakan.

    3. Atur Kecerahan
    Tentu saja pemakaian baterai paling besar di pengaruhi oleh tampilan. Dengan mengatur tampilan kecerahan pada smartphone pada tingkat yang rendah tentu saja hal ini akan membantu menghemat baterai. Jika ruangan sudah cukup terang, sebaiknya ubah tingkat kecerahan tampilan smartphone pada tingkat paling rengah, dengan begitu konsumsi baterai lebih sedikit.

    4. Hapus Widget
    Ketika menyalakan smartphone biasanya kita akan langsung melihat beberapa widget seperti kalender, am, icon sosial media, mau pun icon game. Semakin banyak widget yang di gunakan maka akan semakin cepat juga energi baterai berkurang.

    5. Aplikasi Hemat
    Cara ini adalah dengan mengaktifkan aplikasi hemat baterai. Untuk mengaktifkannya cukup masuk ke menu pengaturan kemudian aktifkan aplikasi hemat baterai atau battery saver.

    6. Nonaktifkan touch sound (bunyi ketika menyentuh/menekan tombol smartphone)
    Getaran dan suara ketika menekan tombol pada ponsel juga berpotensi menguras baterai. Untuk menghemat baterai, pengguna harus menonaktifkan touch sound dan haptic feedback.

    7. Jaga Suhu
    Menjaga suhu baterai juga termasuk cara untuk menghemat baterai. Sebaiknya pilih tempat yang agak dingin apa bila anda ingin menggunakan smartphone pada waktu yang lama. Operasikan ponsel di tempat ber AC atau di dekat kipas angin karena baterai dapat berkurang lebih cepat di tempat yang panas.

    Nah, mungkin itulah beberapa tips yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber. Semoga dapat berguna dan bermanfaat.
    Memuat...